BAKOHUMAS PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO

Jl. Diponegoro No 139 Sidoarjo, Telp 031 80739915, 8071604, no tlpn 081390170662, Email/ Skype: bakohumassidoarjo@gmail.com

OPINI PUBLIK

KINERJA HUBUNGAN MASYARAKAT PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA BARAT

Agus Rahmat, Iriana Bakti

 

Abstract

Kebutuhan pemerintah Indonesia atas Humas pemerintah tidak lagi dalam tataran wacana atau sekedar konsep secara keIlmuan, keberadaan Humas pemerintah didorong atas kebutuhan pemerintah untuk menjelaskan apa yang dilakukan oleh pemerintah kepada ,asyarakat guna memperoleh dukungan dan untuk menerangkan apa dan bagaimana yang dilakukan pemerintah sehingga lingkungan masyarakat dalam dan masyarakat luar percaya. sudah sejak lama pemerintah di Indonesia termasuk pemerintah daerah memiliki Humas pemerintah, bahkan khusus di lingkungan pemerintah, profesi ini tergabung dalam wadah BakoHumas. Fakta yang ada dan berkembang mengisyaratkan sekaligus mempertanyakan mengenai kinerja Humas Pemerintah selama ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsi kinerja Humas pemerintah khususnya Humas Pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Barat. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa: pertama, kinerja Humas pemerintah lebih banyak menerimaan teguran dibanding pujian/penghargaan atas hasil kerja; kedua, pegawai di bagian Humas pemerintah sangat sedikit yang berlatar belakang pendidikan formal komunikasi, terlebih lulusan keHumasan selain itu pegawai juga jarang mendapat pendidikan non formal bidang keHumasan; ketiga, aktivitas Humas pemerintah lebih tertumpu pada kegiatan rutin berupa penyediaan informasi bagi media. Konsekuens dari temuan penelitian ini adalah perlunya pengembangan kompetensi pegawai Humas pemerintah melalui linieritas bidang kerja dan pendidikan bagi pegawai baru dan pelatihan bidang keHumasan bagi petugas yang sudah ada.

DOI: 10.24198/jkk.vol4n2.2

Keywords

Kinerja, Humas pemerintah, profesi, kompetensi, bidang kerja

Full Text:

8612-22705-1-PB

References

Anwar, K. (2014). Investasi pendidikan (suatu fungsi untuk pendidikan yang bermutu). Diakses dari http: //e-journal. iainjambi. ac. id/index. php/alfikrah/article/view/ 802/732

Arabi, S.I .(1998). Beauty, brain and brawn in public relations. Selangor: malindo Printers Sdn.

Black, S. & Sharve, M. L. (1988). Ilmu hubungan masyarakat praktis. Jakarta: Intermasa.

Breakenridge, D. & Deloughry, T. J. (2003). The new PR toolkit. Amerika: Publishing as Financial Times Prentice Hall.

Greener, T. (1990). Kiat sukses public relations. Jakarta: Bumi Aksara Kompas, 18 Desember 2006

Manan. (1988). Dasar-dasar sosial budaya pendidikan. Jakarta: P2LPTK

Mitchell & Larson. (1987). People in organizations, an introduction to organizational behavior. McGraw-Hill

Nasution. (1992). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito

Rahmat, A. (2000). pengaruh komitmen dan aksesibilitas informasi terhadap produktivitas dosen di fakultas ilmu komunikasi. Tesis. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Rahmat, A. (2008). model pengembangan pendidikan pertanian melalui radio komunitas untuk pemberdayaan petani transmigran lokal (kausu di kabupaten sumedang). Desertasi, Bandung

Setiawan, E. (2009). Peranan humas dalam pembangunan citra institusi. Diakses dari http: //www. academia. edu/23549678/Peranan_Humas_dalam_ Pembangunan_Reputasi_atau_Citra_ Institusi

Smith, R. (2005). Strategic planning for public relations. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Sullivan. (2000). Dinas penerangan yang bertanggung jawab, panduan internal. Amerika Serikat: Kantor Program Informasi Internasional, Departemen Luar Negeri.

Sparks, C. (2007). Globalization, development and mass media. Sage Publications

DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v4i2.8612