KOMINFO, Sidoarjo – Peringatan Hari Kartini ke-144 Tahun 2022 di Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (26/4), berlangsung sangat meriah. Kegiatan ini juga sebgai momenten kaum perempuan untuk bangkit dari pandemi.

Meskipun Peringatan Hari Kartini tahun ini berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Namun tidak mengurangi kekhidmatan dalam mengenang tonggak awal gerakan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif memajukan bangsa.

“Hari Kartini ini selalu menjadi momen khusus bagi perempuan Indonesia. Semangat perjuanagn Kartini mampu menumbuhkan motivasi pemangku kepentingan dan masyarakat untuk memberikan perhatian dan pengakuan eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” Jelas Ainun Amalia, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana Kabupaten Sidoarjo.

Tema yang diusung dalam peringatan tahun ini, “Dengan semangat Kartini kita tingkatkan peran perempuan dalam berkarya, mengabdi untuk negeri dan bermartabat bagi keluarga menuju Sidarjo Gemilang”.

“Ini menandakan bahwa perempuan Indonesia mampu menjadi komponen bangsa yang inovatif dan kontributif memajukan bangsa untuk lepas dari kemiskinan, menghadapi perubahan iklim dan mewujudkan pembangunan,” lanjutnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Saàdah Ahmad Muhdlor, yang akrab disapa Ning Sasha, menceritakan kembali bagaimana perjuangan R.A. Kartini mendobrak tradisi feodal, untuk menuntut kesetaraan terutama dalam hal kesempatan belajar bagi kaum perempuan.

“Semangat Kartini ini, yang membawa kehidupan perempuan mempunyai kesempatan yang sama dengan laki- laki dalam berkontribusi keluarga, bangsa dan negara,” jelasnya.

Neng Sasha juga mengingatkan perempuan sebagai ibu, juga sebagai madrasah pertama bagi anaknya, meskipun diluar berjasa dan berprestasi dalam profesinya. Memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa.

Peringatan Hari Kartini di meriahkan juga dengan fashion show busana nasional anak PAUD, Yuk Muslimah dan TP PKK Kabupaten Sidoarjo. Ditutup dengan talkshow interaktif dengan naras umber Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo dan Satgas PPPA Provinsi Jawa Timur. (eny/kominfo)