KOMINFO, Sidoarjo Peringati Hari Otonomi Daerah, pemerintah menganugerahkan sejumlah penghargaan dan apresiasi kepada daerah dan kepala daerah yang berprestasi. Selain sebagai reward atas keberhasilan, penghargaan itu diharapkan dapat jadi pemicu agar semua daerah unjuk keberhasilan.

Tahun ini Kabupaten Sidoarjo menjadi tamu kehormatan karena terpilih sebagai daerah dengan “Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah” tertinggi nomor 1 ditingkat nasional dengan skor 35.926 dengan predikat ST (Sangat Tinggi). Sebelumnya pada 2017 Sidoarjo meraih penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha.

Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia turut hadir termasuk Bupati Sidoarjo Saiful Ilah tampak hadir pada malam apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam rangka Hari Otonomi Daerah ke – 22 di Hotel Sultan, Jakarta Rabu, (25/4).

Bupati Saiful Ilah mengatakan meski Sidoarjo sudah meraih penghargaan tertinggi dan dijadikan tamu kehormatan oleh Kemendagri, Ia menekankan kepada jajarannya kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk menjaga prestasi yang sudah diraih.

Saiful Ilah menambahkan bahwa Kemendagri membuat tiga indikator dalam penilaian kinerja pemerintah daerah, pertama dilakukan verifikasi lapangan, kedua responsif pemerintah daerah dan ketiga kepuasan masyarakat.

Indikator pencapaian kinerja daerah berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2016. (ir/kominfo)